Pages

KPR Syariah Saja

Written By Sakif on Sunday, 29 December 2019 | December 29, 2019





Kebutuhan akan tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan pokok. Seperti halnya makanan dan pakaian, tempat tinggal yang layak menjadi impian setiap orang. Baik pasangan muda, keluarga, maupun para pemuda yang bersiap menyempurnakan separuh agama. Ada yang memenuhinya dengan tinggal bersama orang tua, sewa kos atau kontrakan, dan tentu saja setiap orang ingin memiliki rumah sendiri bersama keluarga. Solusinya pun bertebaran, bisa membeli rumah secara tunai, membangun sendiri, dan tidak sedikit yang menjadikan kredit pemilikan rumah sebagai solusi terbaik.

Jika anda membutuhkan KPR, bank menawarkan solusi kredit dengan pilihan type dan banyak model cicilan. Mulai rumah sangat sederhana, rusun, apartmen, perumahan, hingga rumah golongan elite dapat dimiliki melalui sistem KPR. Pihak yang menawarkan KPR pun bertebaran, ada bank konvensional, yang pasar KPR hingga saat ini masih dikuasai BTN, bank Syariah dengan beberapa pilihan akad yang sesuai, ada juga KPR non bank, yang umumnya dikelola para developer Syariah.

Setiap penyelenggara KPR tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun jika anda seorang yang taat beragama, saya sarankan untuk memilih KPR Syariah saja, baik melalui bank maupun tanpa bank. Mengapa? Berikut beberapa keuntungannya:

1. Harga pasti, tidak ada istilah bunga mengambang. Anda tidak perlu khawatir cicilan tiba-tiba membengkak.
2. Menghindari riba. Baik bank syariah maupun developer properti syariah menawarkan skema transaksi tanpa riba.
3. Tidak khawatir rugi akibat disita. Karena transaksi berdasarkan prinsip syariah tidak boleh mendhalimi pembeli.
4. Tenang dan berkah, insya Allah. Dengan transaksi berprinsip syariah, akan mendatangkan berkah bagi semua pihak.
5. Legal, baik secara hukum negara (dalam hal ini kepemilikan properti) maupun secara agama, karena tidak ada unsur yang melanggar syariat

Namun demikian, hendaknya tetap berhati-hati memilih pengembang (developer). Berita yang beredar akhir-akhir ini mengungkap beberapa kasus pengembang yang mengaku menggunakan prinsip syariah namun gadungan. Karena akhirnya mereka terungkap sebagai penipu dan tidak sedikt korban yang awalnya bermaksud investasi/membeli properti.

Untuk jaminan keamanan secara hukum, anda dapat memilih KPR di Bank Syariah. Karena setiap produk Bank Syariah di awasi oleh OJK dan mendapat pengawasan langsung dari DPS untuk aspek kepatuhannya terhadap prinsip syariah. Saat ini hampir semua Bank Syariah di Indonesia menyediakan produk pembiayaan kepemilikan rumah, tentu anda tahu Bank Syariah mana yang dominan produknya adalah pembiayaan kepemilikan rumah.

Tidak masalah jika Anda lebih memilih bertansaksi langsung dengan developer properti syariah, pastikan bahwa developer tersebut memiliki kredibilitas yang baik. Hal ini bisa dilihat dari track record proyek yang sudah digarap/diselesaikan, profil mereka di media sosial, memastikan proyek dengan kunjungan langsung, dan melihat hasil proyek yang sudah berhasil.

Share this article :

0 Comments:

Post a comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Hijrah Finansial - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger