Transfer Antar Bank Via Flip, Bisa Jadi Alternatif Pemilik Rekening Bank Syariah

Post a Comment
Konten [Tampil]
transfer-gratis-via-Flip


Catatan mengenai transfer antar bank via Flip ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi, yang tidak sekali atau dua kali membantu teman-teman mengurangi bea admin saat kirim ke bank lain. Lumayan, kan sekali transaksi bisa hemat sampai Rp6.500,-. Coba hitung kalau dalam setahun 100 kali transfer ke bank lain? Bisa hemat Rp650.000,- kan?

Kalau nggak salah ingat, pertama kali saya pasang aplikasi dan menggunakan Flip ini pada awal 2020. Sapai sekarang sudah tercatat menghemat sekitar Rp727.500,- karena memang pemakaiannya tidak sering. Kadang ada teman minta tolong sekalian pakai akun. Lumayan, nominal segitu bisa dipakai untuk beli baju, nonton film, beli pulsa, ya? Bagi pemegang rekening bank tunggal,  sejauh ini Flip sangat membantu.

Alasan Memilih Bank Syariah

Sejak pertama kali mengenal rekening bank karena butuh untuk menerima dan transfer uang, saya hanya memiliki rekening bank syariah. Rekening pertama saya adalah Shar-e dari Muamalat, pas zaman kuliah S1, itu pun karena dapat beasiswa. Selanjutnya membuat rekening BSM karena butuh rekenig yang sama dengan ayah, walaupun akhirnya tidak dipakai.

Lulus kuliah, bisa terima gaji sendiri, saya memilih BNI Syariah karena tempat kerja tidak memakai sistem payroll gaji. Jadi terima cash, disisihkan untuk kebutuhan pokok, sisanya masuk rekening untuk dana darurat dan investasi ala-ala.

Sampai tahun 2021 kemarin, BNI Syariah mengalami merger menjadi Bank Syariah Indonesia yang otomatis menggunakan sistem transfer milik eks-BSM. Akhirnya migrasi rekening dan sampai sekarang hanya pegang satu kartu ATM saja: BSI. Mungkin nanti kalau tempat kerja memakai rekening bank berbeda, ya harus buat baru.

Misal nanti yang diminta rekening bank konvensional? Ya tetap buat untuk terima gaji, setelahnya akan segera ditransfer ke BSI. Ribet nggak sih? Bagi saya enggak. Karena sudah pilihan sejak awal hanya ingin memelihara rekening bank syariah, demi mengurangi potensi riba.

Meminimalisir Riba

Ya, alasan utama saya hanya memelihara rekening BSI adalah untuk mengurangi potensi munculnya riba dalam setiap harta yang masuk dan boleh dikelola. Ada banyak implikasi dari alasan utama ini. Saya ingin harta yang ada lebih berkah, tidak terlibat utang piutang dengan lembaga konvensional, dan semoga bisa berkembang untuk mewujudkan cita-cita lainnya.

Soal nanti misalnya harus terima gaji  dari bank konvensional, itu bukan masalah. Karena tidak semua hal bisa kita kendalikan, hanya minimal bisa kita sikapi dengan cara yang benar. Ya dengan mengalihkan semua saldonya ke BSI semoga jadi solusi paling solutif yang bisa diambil.

Toh pada akhirnya, ada banyak kemudahan yang kita temui hari ini, salah satunya dengan adanya transfer antar bank via Flip. Aplikasi ini membantu mengurangi pengeluaran akibat biaya yang muncul saat transfer ke rekening bank berbeda.

Misal saya sebagai pemilik rekening BSI, ada kalanya harus membayar iuran, mengisi saldo e-wallet, membayar belanjaan ke rekening bank lain. Tanpa aplikasi Flip, saya harus membayar bea admin transfer sekitar Rp6.500 sekali transfer. Semakin sering transfer, semakin banyak biaya administrasi yang harus dibayar, kan?

Adanya aplikasi Flip ini mengurangi kewajiban pembayaran biaya admin tersebut. Dalam sekali transaksi biasanya Flip mewajibkan pengguna melakukan transfer sejumlah nominal sesuai yang diminta ditambah kode transaksi. Kelebihan nominal dalam kode transaksi ini nanti akan masuk sebagai saldo Flip, jadi tidak hilang atau dibayarkan ke Flip.

Sistem Transfer Antar Bank Via Flip

Masih bingung memahami pota transfer antar bank via Flip? Begini ilustrasinya, flip sebagai perusahaan atau aplikasi perantara transfer antar bank, sementara kita sebagai pengguna adalah anggota Flip. Sampai di sini semoga mudah dipahami, ya. Karena beberapa teman yang bertanya masih bingung bagaimana cara Flip menghilangkan bea admin ini.

Saat ini ratusan bank sudah terdaftar sebagai mitra Flip, sehingga semakin mudah bagi pengguna untuk mengirimkan uang ke bank berbeda dari miliknya. Jam layanan yang sebelumnya terbatas hingga jam 8 malam pun sekarang sudah bisa diakses 24 jam.

Secara sederhana ilustrasi pengiriman uang beda bank bebas bea administrasi adalah sebagai berikut. Pertama pemilik akun (kita) ingin mengrimkan uang ari BSI ke BCA, maka klik icon kirim uang gratis di aplikasi. Lengkapi data yang diminta berupa rekening tujuan dan nominalnya. Selanjutnya jika data sudah benar, pilih lanjut ke metode pembayaran.

Kita hanya perlu memilih bank yang akan kita gunakan, misal BSI. Maka setelah ok, aplikasi akan memberikan nominal dan nomor rekening tujuan milik Flip.

Setelah mendapat kode transaksi dan rekening milik Flip, lakukan transfer ke rekening Flip sesuai nominal dalam kode transaksi yang dibuat. Inilah untungnya transfer antar bank via Flip, sekarang makin praktis karena bisa diakses 24 jam sehari.

Jangan lupa untuk melakukan konfirmasi sudah transfer agar pengiriman uang ke rekening  dapat diproses oleh sistem. Selanjutnya dalam proses pengecekan, rekening flip di bank tujuan mengirimkan kepada rekening yang kita tuju sesuai dengan nominal yang kita minta. Proses pengecekan ini bisa berlangsung hingga 10 menit.

Jadi alur transfer antar bank via Flip adalah dari pengguna ke rekening flip, kemudian saldo rekening flip di bank tujuan dikirim untuk penerima. Ribet, ya? Tentu jika dibandingkan dengan transfer langsung menggunakan gawai biasa dan tanpa ATM, ini ribet.

Mungkin di waktu yang akan datang Flip bisa mengembangkan teknologinya agar aplikasi bisa melakukan konfirmasi otomatis setelah transfer masuk sesuai kode sebelumnya. Selain lebih hemat bagi pengguna, cara ini tentu lebih praktis, tanpa perlu khawatir lupa konfirmasi, transfer aman dan sampai lebih cepat ke rekening tujuan.

Fitur Aplikasi Flip

Selain fitur transfer antar bank via Flip gratis, aplikasi ini juga menawarkan sejumlah jasa lain seperti jualan pulsa, transfer ke luar negeri, dan refund jika terjadi kesalahan transfer. Sekadar informasi, harga pulsa di aplikasi Flip lebih murah dari pasaran. Lumayan tuh kalau mau dipakai bisnis selain fasilitas transfer antar bank via Flip.

Mau ikutan pakai flip? Bisa unduh dan daftar via link ini

Related Posts

Post a Comment