Strategi Ini Wajib Dilakukan Agar Keuntungan Reksadana Makin Optimal!

Post a Comment
Konten [Tampil]

 

Keuntungan-reksadana
Sumber: freepik.com

Berinvestasi pada produk Reksadana haruslah dibekali dengan strategi dan juga konsep yang tepat agar menghasilkan keuntungan Reksadana yang lebih optimal. Pasalnya masih banyak investor yang terlalu mengandalkan Manajer Investasi sehingga tidak memikirkan risiko yang bisa saja muncul sewaktu-waktu.

Seperti yang kita ketahui bahwa Manajer Investasi memiliki peran yang sangat penting dalam mengelola investasi Reksadana yang Anda lakukan. Nantinya Anda cukup menyiapkan dana sebagai modal untuk beli Reksadana dan Manajer Investasi akan mengelola dana Anda..

Namun tidak semudah yang Anda bayangkan. Pasalnya Anda pun harus menyiapkan strategi matang untuk membantu Manajer Investasi menentukan langkah jika terjadi masalah yang tidak diinginkan. Inilah kenapa Anda harus paham betul apa saja strategi berinvestasi seperti di bawah ini.

Strategi Tepat untuk Menghasilkan Keuntungan Reksadana Maksimal


Reksadana-DBS
Sumber: freepik.com

Meskipun semua proses investasi akan dilakukan oleh Manajer Investasi, tidak berarti Anda bisa lepas tangan begitu saja dan hanya menikmati keuntungan Reksadana yang didapatkan. Anda harus ikut turun tangan dengan menentukan strategi tepat untuk menghindari kerugian.

Nah adapun berikut ini merupakan 5 jenis metode yang dapat Anda gunakan untuk meminimalisir risiko yang bisa saja muncul selama berinvestasi.

1.      Market Timing

Strategi market timing ternyata menjadi metode yang membutuhkan ketelitian cukup tinggi. Pasalnya Anda harus memahami kapan waktu yang pas untuk membeli produk investasi agar bisa mendapatkan keuntungan Reksadana.

Umumnya Anda disarankan melakukan transaksi saat pasar sedang menguat dan harga cenderung rendah. Hal ini berarti Anda harus rutin memeriksa fluktuasi hasil obligasi untuk Reksadana Pasar Uang dan dan Indikator Indeks Harga Saham Gabungan untuk Reksadana Saham. Meskipun Anda tidak membeli langsung di pasar modal.

2.      Lump Sump

Berbeda dari market timing, lump sump berarti strategi yang mengacu pada penempatan seluruh dana Reksadana secara langsung di awal. Strategi yang satu ini harus dilakukan harga rendah sehingga nanti saat nilai investasi naik Anda pun bisa mendapatkan return yang relatif lebih besar.

Metode ini juga mengharuskan Anda untuk memiliki modal yang tinggi di awal dan saat beli Reksadana Anda hanya akan menikmati satu harga saja. Hal ini juga yang menyebabkan imbalan yang didapatkan lebih kecil dibandingkan dengan strategi lain.

3.      Dollar Cost Averaging

Dollar cost averaging merupakan strategi yang menyarankan Anda untuk menyetorkan modal dana dalam jumlah yang tetap selama periode tertentu. Metode ini lebih cocok untuk investor yang memiliki penghasilan stabil atau sama setiap bulan.

Yang menariknya adalah strategi ini tidak memperhatikan harga investasi dengan tujuan untuk menghilangkan risiko yang ada akibat fluktuasi penurunan harga. Sehingga melalui dollar cost averaging ini Anda bisa terhindar dari kerugian dan membantu untuk menghasilkan keuntungan Reksadana.

4.      Buy and Hold

Sesuai dengan namanya, buy and hold menjadi strategi yang aman untuk investor jangka panjang karena disini Anda harus beli Reksadana dan kemudian mendiamkannya dalam waktu yang cukup lama tanpa memperhatikan pergerakan pasar.

Dengan menggunakan metode ini Anda harus berasumsi bahwa semakin lama waktu investasi maka akan semakin besar pula potensi keuntungan yang didapatkan.

5.      Average Up

Bagi investor yang sudah lama berkecimpung di dunia saham pastinya sudah tidak asing lagi dengan strategi yang satu ini. Strategi ini juga bisa Anda gunakan pada Reksadana. Average up memiliki konsep membeli Reksadana yang sudah dimiliki secara bertahap dengan tujuan untuk memaksimalkan keuntungan Reksadana.

Nah jika Anda mengetahui 5 strategi berinvestasi Reksadana di atas maka dijamin Anda akan bisa menentukan langkah tepat untuk kedepannya tanpa harus mengandalkan Manajer Investasi. Selain itu, kualitas produk yang Anda pilih pun akan mempengaruhi seberapa besar risiko yang muncul. Agar Anda bisa berinvestasi dengan aman, Anda bisa mulai dengan digibank by DBS yang hadir untuk semua kalangan investor dengan segala keuntungan yang dimilikinya.

Raih Peluang Keuntungan Luar Biasa dengan digibank by DBS

digibank by DBS kini tidak hanya hadir sebagai layanan digital banking saja, tetapi juga menawarkan produk investasi dengan puluhan rekomendasi produk yang tersedia. Berikut ini merupakan 5 keuntungan yang akan Anda rasakan saat berinvestasi di digibank by DBS:

1.      3 Kategori Produk

digibank by DBS memberikan kemudahan untuk semua investor karena mengkategorikan produknya ke dalam 3 jenis yaitu scoring terbaik, terpopuer, dan kinerja terbaik. Anda dapat dengan mudah menemukan pilihan produk yang diinginkan berdasarkan kategori tersebut.

2.      Satu Aplikasi untuk Semua Transaksi

Tidak hanya mudah dalam proses beli Reksadana, digibank by DBS juga tidak akan membuat Anda repot dalam bertransaksi. Pasalnya Anda cukup menggunakan Aplikasi digibank by DBS dan sudah bisa melakukan banyak transaksi seperti jual, dan switching produk hingga melakukan registrasi SID (Single Investor Identification).

3.      Tersedia Puluhan Produk

Tidak perlu khawatir lagi akan kehabisan produk investasi di digibank by DBS karena disini Anda akan menemukan lebih dari 50 produk investasi yang bisa berpotensi memberikan keuntungan Reksadana.

4.      Modal Super Minim

Cukup dengan modal Rp100 ribu, Anda sudah bisa memilih 50 produk investasi tadi. Anda tidak perlu lagi mengumpulkan modal besar untuk berinvestasi.

5.      Fleksibel

Meskipun dibanderol dengan harga murah, tetapi digibank by DBS selalu terdepan dalam memberikan layanan yang berkualitas. Semua transaksi yang Anda lakukan di Aplikasi digibank by DBS dapat berjalan secara fleksibel terutama saat hendak melakukan pembelian berkala.

Sementara bagi Anda yang ingin menjaga prinsip syariah dalam berinvestasi, gunakan reksadana syariah yang tersedia di marketplace maupun sekuritas lain. Investasi saat ini sangat mudah dijangkau dari manapun dan kapanpun. Maka sudah waktunya untuk menyisihkan anggaran untuk investasi sejak awal menerima pendapatan, bukan malah menyisakannya untuk persiapan masa depan.

Berinvestasi di digibank by DBS tidak akan mengecewakan karena dengan adanya 5 kemudahan tadi sudah menjamin kenyamanan untuk Anda. Jadi segera dapatkan produk Reksadana dari digibank by DBS sekarang juga untuk menghasilkan keuntungan Reksadana yang memuaskan.

 


Related Posts

Post a Comment