Trik Mudah Investasi Saham Syariah

1 comment
Konten [Tampil]



Siapa bilang investasi saham itu sulit? Percayalah, hanya orang yang tidak mau belajar dan mencoba, yang menyebut segala sesuatu itu sulit. Selama mau belajar, mencoba, segala sesuatu bisa dipelajari. Tidak ada yang benar-benar sulit dalam hidup ini, kecuali kita menganggapnya sulit.

Investasi saham merupakan salah satu cara investasi yang mudah dilakukan oleh siapapun. Jika ingin aman dari jerat riba, pastikan investasi pada emiten yang masuk dalam DES (Daftar Efek Syariah). Saat ini ada ratusan saham yang dapat menjadi pilihan investasi. Mulai dari yang harganya murah sampai mahal, mulai dari saham yang bergerak lambat sampai saham yang masuk dalam LQ 45 (indeks dari 45 saham yang paling liquid).

Daftar Efek Syariah adalah daftar emiten yang sudah lulus proses screening oleh OJK. Proses screening saham adalah proses penyaringan saham yang termasuk dalam saham Syariah berdasarkan kiteria yang ditetapkan oleh OJK bagian pengawasan Pasar Modal Syariah. Daftar ini diperbarui oleh OJK setiap enam bulan sekali, biasanya dipublikasikan di situs resmi OJK sekitar bulan Mei dan Oktober.

Orang yang terjun di dunia pasar modal dan membeli saham atau menjualnya kembali di waktu yang lain, disebut sebagai investor. Profesi investor di masyarakat sampai saat ini tampak lebih keren daripada pedagang, meskipun secara praktik hampir sama.

Bagi pemula, berikut beberapa trik mudah untuk terjun di dunia saham:

1.     1.  Ikuti kuliah gratis tentang pasar modal (Syariah) melalui Sekolah Pasar Modal Syariah (SPMS) yang diadakan oleh Bursa Efek Indonesia di sejumlah kota besar. Event ini gratis, peserta hanya wajib menyetor uang 100.000,- yang akan dikonversi menjadi akun efek. Akun ini nantinya dapat digunakan sebagai sarana transaksi efek/jual beli saham. Cara daftarnya, bisa via online di web resmi Bursa Efek Indonesia, atau googling dengan kata kunci: daftar Sekolah Pasar Modal Syariah. Disana calon peserta dapat memilih tanggal dan kota pelaksanaan sesuai keinginan dan yang terdektar dengan domisili. Event ini biasanya terdiri dari 2 level.

Level 1 untuk pemula, pengenalan tentang apa itu pasar modal Syariah dan pembukaan rekening efek sesuai perusahaan sekuritas yang sedang menjadi sponsor saat itu. Maka untuk mengikuti level ini peserta diminta membawa beberapa persyaratan untuk proses pembukaan rekening.

Level  2 adalah untuk mereka yang sudah megikuti level 1 atau sudah memiliki rekening efek. Di level ini peserta diajarkan untuk melakukan analisis fundamental sebelum membeli saham.

2.   2.  Ikuti akun media sosial yang membahas tentang perdagangan saham. Ada banyak akun Instagram seperti @ngertisaham, @belajarsaham, atau akun resmi pasar modal Syariah juga sering memberikan info seputar saham.

3.   3.  Ada dua keuntungan yang dapat diperoleh investor saham: capital gain dan dividen. Capital gain diperoleh jika investor membeli saham dengan harga murah dan menjualnya ketika harga sudah naik. Sementara dividen diperoleh jika emiten membagikan keuntungannya kepada investor saham pada saat jatuh tempo. Biasanya pembagian dividen dilakukan sekitar bulan April-Mei.

4.     4.  Prinsip utama investor agar mendapat keuntungan adalah: investor harus jeli dan memahami kondisi pasar. Dengan belajar analisis teknis dan fundamental, investor dapat mengetahui kapan harga saham downtrend, kapan akan uptren. Tapi untuk pemula, mengenali pasar dan melakukan analisis sendiri mungkin tidak mudah. Oleh karena itu, kita bisa mencari rekomendasi dari para analis saham mengenai saham apa yang sedang dalam kondisi keuangan baik, berpotensi uptren dan sesuai dengan budget.

5.    5.   Jangan takut belajar. Dalam proses belajar, sama dengan proses berdagang atau menjadi pengusaha, rugi adalah sesuatu yang niscaya. Ketika harus merasakan rugi, anggaplah itu sebagai “ongkos” untuk belajar sehingga tidak mengulang kesalahan yang sama di masa depan.

6.     6.  Potensi keuntungan investasi saham sangat tinggi. Namun hal ini sangat tergantung pada kondisi pasar, arus keinginan investor dan juga kondisi keuangan emiten. Maka ketika dapat membaca celah dan memanfaatkan kesempatan dengan baik, keuntungan berlipat ganda dapat diperoleh. Begitu pula sebaliknya, bisa jadi sangat merugi ketika salah membaca pasar.

Demikian beberapa trik mudah investasi saham Syariah, semoga bermanfaat. Namun ingat, sistem online trading saham berbasis Syariah berbeda dengan trading saham konvensional. Dengan menggunakan sistem berbasis Syariah, investor dibatasi dari melakukan transaksi haram seperti option atau forward. Investor juga dianjurkan untuk membeli saham dengan tujuan murni investasi, bukan sekedar speskulasi atau mengejar capital gain dalam waktu singkat.

Jika ada tanggapan, koreksi, pertanyaan, atau usul pembahasan, boleh disampaikan di kolom komentar,

Related Posts

1 comment

Post a Comment