Pages

Home » » Kolaborasi Fortune Indonesia dan Hijrah Finansial Sebagai Media Ekonomi dan Bisnis Terpercaya, Mungkinkah?

Kolaborasi Fortune Indonesia dan Hijrah Finansial Sebagai Media Ekonomi dan Bisnis Terpercaya, Mungkinkah?

Written By Sakif on Sunday, 24 October 2021 | October 24, 2021

 

fortune-indonesia-hijrah-finansial

Kolaborasi Fortune Indonesia dan Hijrah Finansial? Emang Mungkin? Tunggu, sebelum menjawab mungkin banget atau mungkin saja, mari kita lihat faktanya. Dua tahun terakhir ini adalah masa yang cukup berat bagi kita. Mau tidak mau, suka tidak suka, hidup kita banyak beralih dari interaksi langsung menjadi virtual, yang akhirnya berdampak pada hampir seluruh aspek kehidupan.

Tidak hanya dalam kegiatan sehari-hari, pandemi dan kemajuan teknologi digital telah banyak mengubah wajah media dan dunia literasi. Dari yang dulunya serba cetak seperti koran dan majalah, kini banyak media memilih beralih ke bentuk virtual.

Termasuk Fortune, salah satu media bisnis skala global yang berdiri di New York sejak tahun 1929, sampai saat ini tetap eksis dengan segala kekuatan yang masih mungkin dipertahankan. Berapa banyak media lain yang harus gugur saat pandemi menyerang? Sebagian bahkan harus melepas kiprahnya di dunia media cetak dan beralih sepenuhnya ke media digital.

Mulai 8 Agustus 2021, Fortune Indonesia hadir bergandengan dengan IDN Media untuk memperluas kepakan sayap dan menjadi suntikan semangat bangkit dari keterpurukan akibat pandemi. Hal ini berarti tidak hanya Majalah Fortune Indonesia yang bisa dinikmati oleh para eksekutif, profesional di bidang bisnis, entrepreneur, atau para pemimpin dan pengambil keputusan ekonomi. Laman digital Fortune akan menjangkau pemirsa lebih luas, termasuk generasi muda.

Tentang Fortune

 Fortune Money Group, adalah perusahaan majalah yang berdiri sejak 1929 dan kini sudah merambah ke media digital global. Di negara asalnya, Fortune bersaing dengan media lain yang eksis secara global dan rutin menghadirkan nominasi di dunia ekonomi dan bisnis, seperti Fortune 40 Under 40, Fortune’s Greatest Leaders, dan nominasi lain yang selalu menarik.

Melalui laman resminya, Fortune Indonesia berjanji akan menghadirkan berita dengan tingkat akurasi tinggi menuju jurnalisme bisnis dengan kualitas terbaik. Hal ini harus dilakukan demi memberi dampak positif bagi masa depan bangsa. Untuk itulah Fortune memilih IDN Media yang memiliki pangsa pasar luas dan menjangkau hampir semua kalangan di IndonesiaIndonesia,  terutama generasi milenial dan Gen Z. 

Pangsa Pasar Fortune Indonesia dan IDN Media

Menurut laporan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) sampai Q2 tahun 2020 pengguna internet di Indonesia mencapai 196 juta jiwa atau sekitar 73.7% dari jumlah penduduk. Pada awal 2021 Kominfo menyebutkan adanya peningkatan pengguna internet di Indonesia, yaitu menembus angka 202 juta atau sekitar 76% jumlah penduduk. Jumlah tersebut didominasi pengguna dengan usia produktif dan hanya sekitar 10% berusia >55 tahun.

fortune-indonesia-pengguna-internet
Sumber: data APJII

Dari jumlah tersebut, sebanyak 8.3% diantaranya adalah pengunjung setia konten ekonomi dan bisnis. Dengan kata lain, media ekonomi dan bisnis seperti Fortune memiliki peluang pengunjung tidak kurang dari 16 juta pengguna dan masih sangat mungkin terus bertambah.

ekonomi-bisnis-fortune-indonesia
Sumber: data APJII


Dominasi pengguna internet yang berusia produktif memudahkan pemilik media untuk memetakan dan menciptakan konten yang mudah mereka terima. Oleh karena itu sebuah langkah yang tepat bagi Fortune Indonesia berkolaborasi dengan IDN Media yang sudah memiliki jangkauan pembaca luas. Kolaborasi ini membuka peluang bagi Fortune untuk dapat diterima semua kalangan terutama kaum milenal dan generasi Z.

Fortune Indonesia Mendukung Perkembangan Pasar Keuangan Syariah

Fortune Indonesia merambah dunia media digital dengan membawa harapan yang tinggi untuk diwujudkan, yaitu menjadi pilihan media ekonomi dan bisnis terpercaya. Melalui label atau rubrik yang tersedia, Fortune melakukan kurasi ketat demi menghadirkan informasi yang akurat.

Saat ini tersedia label Market, Business, Finance, News, Tech, Sharia dan Luxury yang siap menyediakan informasi terbaik untuk pengunjung. Setiap label diisi dengan  artikel terbaik sesuai dengan perkembangan kondisi ekonomi dan bisnis terbaru. 

Salah satu label yang menarik di sini adalah Sharia, sebagai kolom khusus untuk pembahasan terkait perkembangan keuangan syariah di Indonesia. Data Bank Indonesia pada Februari 2021 yang dirilis melalui channel resmi BI menunjukkan bahwa indeks literasi ekonomi syariah di Indonesia masih berada pada angka 16.3%.



Angka tersebut berarti bahwa dari 100 penduduk Indonesia, baru 16 orang yang paham akan prinsip ekonomi syariah dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Jika dibandingkan dengan jumlah muslim yang mencapai 86,88% dari total jumlah  penduduk, tentu indeks tersebut masih sangat rendah.

Keberadaan media yang menyiarkan konten keuangan syariah masih sangat dibutuhkan demi meningkatkan indeks literasi dan mendukung pertumbuhan industri keuangan syariah di Indonesia. Maka Fortune bersama IDN Media diharapkan mampu menjadi salah satu platform yang mendukung pertumbuhan tersebut.

Prospek Kolaborasi Fortune Indonesia dan Hijrah Finansial

Selama hampir dua tahun terakhir, Hijrah Finansial berusaha fokus pada pembahasan mengenai ekonomi syariah dari berbagai sisi. Pembahasan cukup beragam mengenai investasi, lembaga keuangan syariah, kajian yang membahas perkara muamalah, hingga perkembangan industri properti syariah di Indonesia.

Secara prinsip, rubrik Sharia pada laman resmi Fortune Indonesia memiliki misi yang sejalan dengan Hijrah Finansial. Berdasarkan penilaian tersebut, tentu ide kolaborasi media antar keduanya bisa saja terjalin demi menjangkau publikasi dan menebar manfaat yang lebih luas.

Akan tetapi di sisi lain, harus diakui bahwa Hijrah Finansial belum menjadi media yang memiliki pangsa pengunjung sebanyak IDN Media. Dengan demikian masih banyak hal yang harus dibenahi dan terus diperbaiki dari Hijrah Finansial untuk melakukan kolaborasi dengan media besar seperti Fortune dan IDN. 

Persiapan menuju media khusus yang membahas perkembangan keuangan syariah dan menjangkau semua kalangan harus terus dilakukatn oleh Hijrah Finansial. Sehingga suatu saat ketika sudah dianggap layak, Hijrah Finansial siap melakukan kolaborasi untuk menambah warna dalam kancah literasi keuangan syariah di Indonesia.

Usaha ini harus terus dilakukan, karena konsistensi adalah salah satu jalan pintas menuju kesuksesan yang menjadi tujuan. Melalui tulisan ini pula, semakin kita sadari ada banyak peluang kebaikan yang mungkin terjalin dengan media lain. Semoga ke depan Fortune Indonesia dapat menyelenggarakan kerjasama dengan media yang masih berada pada skala mikro. 


Share this article :

14 comments:

  1. Wah, akhirnya bisa menemukan sesuatu yang sama misinya ya. Semoga bisa segera kolaborasi :)

    ReplyDelete
  2. Fortune Indonesia ini lengkap sampe ada menu sharia nya juga, keren ya mbak

    ReplyDelete
  3. Sekarang memang banyak produk syariah, ya. Asuransi, investasi, kini konsep syariah menyasar kedua hal tersebut. Bahkan Fortune Indonesia memiliki kategori khusus berita yang brhubungan dengan Syariah.

    ReplyDelete
  4. aku jarang masuk ke kategori sharia, lebih suka main ke kategori tech dan business di website fortune, hihi..

    ReplyDelete
  5. Awalnya nggak nyangka ada ruang khusus Sharia, tapi beneran ada sih dan perlu karena saat ini ekonomi syariah sudah berkembang pesat dan jadi pilihan

    ReplyDelete
  6. 8,3% angka yang cukup kecil tapi kalau dikonversikan ke jumlah penduduk Indonesia, yaitu sebanyak +/- 16 juta orang yang mengakses berita online dengan topik ekonomi dan bisnis bisa terbilang besar juga. Rasanya 8,3% orang ini sedang menanti dengan optimis ekonomi Indonesia kembali sehat dan membaca tren ekonomi untuk bisa bertahan di masa pagebluk tiada ujungnya ini.

    ReplyDelete
  7. Kategori berita yang disuguhkan lumayan lengkap kan y, Mbak. Apalagi ada Sharia, jadi yang berhubungan dengan ekonomi dan bisnis syariah bisa didapatkan dalam ketegori itu.

    ReplyDelete
  8. Kategori Sharia ini paling jadi favoritku kalo buka Fortune Indonesia. Jarang banget ada situs global ekonomi bisnis yang memiliki kategori khusus sharia di dalamnya.

    ReplyDelete
  9. Mantap mbak. Jadi tahu yang beginian

    ReplyDelete
  10. Mungkin saja Kak. Kolaborasi antara hijrah finansial dan Fortune Indonesia. Keduanya sama-sama membahas tentang ekonomi dengan konsep santai tapi serius. Bahasa yang digunakan tidak pakai istilah ekonomi yang rumit.

    ReplyDelete
  11. Kategori sharia ini juga menarik perhatian saya untuk ingin tahu lebih banyak apa saja yang diulas di kategori ini.

    Semoga kedepannya bisa berkolaborasi dengan Fortune Indonesia.

    ReplyDelete

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Hijrah Finansial - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger