Kelas Gratis BRT Network: Menegangkan Namun Favorit Bloger Pemula

46 comments
Konten [Tampil]
ikut kelas gratis BRT



Kira-kira setahun yang lalu pertama kali saya mendengar adanya kelas gratis BRT network ini di grup ODOP Blogger Squad. Mereka bercerita bahwa kelas ini keren, karena materinya daging, coach-nya kece, dan bikin peserta ketar-ketir dengan tugas yang diberikan.


Dalam hati saya penasaran, sekeren apa sih kelas ini? Masa iya bisa bikin banyak peserta mundur atau harus ditendang kalau nggak sanggup menunaikan tugas? Sayangnya rasa penasaran itu harus terkubur sementara karena pendaftaran sudah ditutup. Harus sabar menunggu kelas yang sama dibuka kembali suatu saat nanti, semoga nggak ketinggalan lagi.

Benar saja, akhir tahun 2021 kesempatan itu datang. Kak Jihan membagi link pendaftaran kelas gratis BRT network di grup OBS. Tanpa pikir panjang, bertanya nanti kelasnya seperti

apa, atau sekadar menakar kesanggupan, saya mengisi formulir itu. Alhamdulillah, para coach berkenan menerima saya untuk bergabung. Modal nekat, bismillah bisa. Yuk bisa yuk?!

Dunia blog yang saya kenal selama ini cuma nulis, posting, dan edit label atau permalink. Maklum, saya belum pernah ikut kelas coding dan nggak ada minat serius untuk itu. Tapi ternyata, jika ingin eksis di dunia blog, ya harus paham sama “rumah dunia maya”-nya. Mau nggak mau, terutama pengguna Blogspot-be like-, harus kenalan sama kode html.

Kelas gratis BRT Network, apa tuh?

Kelas gratis BRT network adalah sebuah ruang perbincangan para bloger keren yang bersepakat menjaga ilmu dengan membagikannya kepada para pemula. Ada Mbak Monica Anggen, Mbak Gilang, Mas Pewe, Mas Priyo, Mbak Marita Ningtyas, dan Bang Zen yang saat ini diamanahi ketua ODOP 2021.

Kelas ini tidak memaksa bloger untuk ikut, tapi kalau sudah berniat gabung ya harus konsisten. Peraturan kelas ini ternyata tidak kejam, masih memungkinkan peserta untuk beraktivitas normal. Hanya saja, ya harus bisa menjaga komitmen untuk menyelesaikan tugas sesuai tenggat yang diberi.

Sejak awal kelas ini dimulai, para coach sudah wanti-wanti, kalau nggak siap dengan peraturan dan merasa sedang sibuk di luar, nggak usah memaksakan diri untuk ikut. Tapi kalau sudah yakin, ya semoga semuanya bisa sampai tahap akhir. Kecuali nanti ada sesuatu yang terjadi di tengah perjalanan, siapa yang tahu kan?

Saya berusaha jadi peserta yang baik di kelas ini. Berharap bisa menyelesaikan tugas demi tugas meskipun kadang bahasanya terasa sangat asing, terutama pas lagi ngobrolin kode. Rasanya seperti sedang berada di peradaban berbeda, haha.

meta seo inspector hijrah finansial


Sementara hampir dua minggu di kelas gratis BRT network ini, paling favorit kalau mbak Monica muncul di grup. Awal-awal pasti bantuin kalau ada peserta yang kesulitan dengan tugas. Tapi lihat saja kalau ada pertanyaan berulang akibat peserta (malas?) nggak scroll up ke atas, Mbak Monic bisa keluar jurus kamehameha #ups.

Kata Mbak Monic, kalau mau “selamat” di kelas ini harus:
1. Baca
2. Baca
3. Baca
4. Baca detail
5. Praktik
6. Praktik.
7. Tanya dengan bukti kalau udah ngoprek
8. Tanya dengan bukti kalau udah ngoprek

Lalu saya hanya bisa merutuk dalam hati: Makanya, baca dulu sebelum tanya! Kelas gratis BRT network ini bukan kelas orang nganggur. Para coach menyisihkan waktu dan tenaga yang luar biasa buat hadir di kelas ini, maka jangan bebani mereka dengan pertanyaan serupa yang jawabannya bisa dicari di atas.

Materi Kelas Ini

Para coach bilang, jika ingin meniakkan DA PA blog dengan kelas ini , maka Anda salah tujuan. Karena tidak akan ada materi khusus untuk mendongkrak DA PA. Lebih dari itu, kelas ini membongkar secara menyeluruh elemen SEO.

Mulai dari pemasangan SSL/HTTPS, menginspeksi Meta SEO, sampai mempraktikkan cara membuat konten berkualitas. Dua minggu pertama di kelas ini saja otak sudah mulai mengepul. Apa kabar dua minggu berikutnya.

Sudah, jangan terlalu dipikir. Jalani saja sebisanya. Sekuatnya. Sebaik-baiknya. Maksimalkan usaha dan tenaga yang tersisa di kelas gratis BRT Network ini tanpa mengeluh atau menyesal. Justru kalau nanti nggak bisa bertahan sampai akhir, bolehlah merasa menyesal.
kode html blogspot


Suka Duka dan Kesan Peserta

Bagi saya pribadi kelas ini amazing. Di uar sana orang rela membayar ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk mengikuti kelas serupa. Tapi para coach di sini dengan bahagianya rela berbagi ilmu gratis dengan para pemula.

Awalnya saya yang belajar karena penasaran dengan testimoni para alumni, sekarang lebih tertantang untuk bisa bertahan sampai akhir perjalanan. Tidak ada target PV atau kenaikan DA PA sama sekali. Biarlah, saya hanya perlu memaksimalkan usaha, selebihnya soal hasil biar jadi bagianNya.

Ada dua teman saya di kelas kecil C BRT Network memiiki tujuan berbeda saat bergabung kelas ini, mereka punya target dan kesan yang berbeda pula. Berikut ringkasan pendapat mereka tentang kelas ini:

1. Mbak Sri Al hidayati

Tujuan gabung kelas gratis BRT Network

“Saya ingin memperbaiki blog dan belajar logika pemograman yang baru, terlebih bagi yang menulis di blog biasanya hanya tinggal nulis dan posting saja. Namun ternyata ada seni dalam menulis di media blog ini. “

Target setelah lulus:

Target setelah lulus kelas ini ingin terus menulis dan menulis mempraktikkan hal-hal yang sudah diajarkan dalam kelas BRT Network ini, sehingga ilmunya langsung diaplikasikan dan bermanfaat. Juga ingin berbagi pengalaman dengan teman yang mungkin tertarik dengan SEO

hijrah finanssial bank neo
Baca juga: Promosi Bank Neo

2. Mbak Lita

Beda orang, beda pula kesannya mengikti kelas gratis BRT network ini ya. Apalagi Mbak Lita sudah pernah ikut kelas ini sebelumnya. Jadi, sejujurnya beliau adalah senior, bukan sekadar teman satu kelompok saya. Ketika saya tanya kenapa ikut kelas ini? Jawabnya:

Buat nambah ilmu dongg sama mengingat materi2 optimasi blog. Dulu pernah ikutan juga kelasnya tapi lupa2 ingat…

Ya, ilmu kalau nggak dipraktikkan dan dijaga dengan berbagi memang gampang ilang. Mungkin karena selama ini hanya ngurus blog pribadi, sekarang Mbak Lita ingin meningkatkan kapasitas diri jadi peternak blog. Keren ya? Saya ada dua aja rasanya masih sulit maksimal…hehe.

Kesulitan Kelas Gratis BRT Network



Sebagai pemula, saya merasa buta bahasa kode. Melihat beda tema beda kode, pusing. Mungkin karena memang belum pernah belajar konsep dasarnya. Sekarang? Ya masih pusing kalau terlalu lama lihat kode.

Sama seperti yang Mbak lita bilang: “Sampai tugas 3 ini kesulitannya memahami materi yang kodenya masih asing saat baca permasalahan teman yang berbeda di tiap blog.”Mbak Sri pun mengalami kesulitan yang sama, katanya:

Kesulitan terbesar mengikuti kelas ini yaitu melatih kesabaran khususnya untuk diri sendiri, karena memang saya pribadi pun merasakan ketika memperbaiki dalaman blog ini terkadang bertanya-tanya mengapa ya sulit? Ternyata harus menggunakan logika dan perlu punya stok kesabaran berhadapan dengan kode-kode, dan juga mata harus teliti.

Gagal coba lagi, gagal coba lagi. Senang sekali punya coach dan teman-teman kelompok yang sabar dan mau membimbing di tengah kesulitan. Kalau sudah cinta dengan Blog, maka kita akan berusaha mengatasi kesulitan yang dihadapi.

Ya, dengan semangat dari teman-teman sekelompok dan para coach, saya ingin mengikuti kelas gratis BRT network ini sampai selesai. Semoga setiap kesulitan bertemu dengan solusi terbaiknya segera. Biar kalaupun merasa pusing, nggak terlalu lama dan menyiksa.

Related Posts

46 comments

  1. Belum berkesempatan ikut karena ada kesibukan lain yang mendesak. Sukses, ya, Kak 😊

    ReplyDelete
  2. Aaamiin...makasih Kak Niaaa

    ReplyDelete
  3. Hai Kak, gemes ya Kak sama kode-kode html. Nggak ngerti itu bacanya gimana. Ribet, ebih mudah baca aksoro jawa. honocoroko dotosowolo ini mah. Mumet

    ReplyDelete
  4. sama, mbak. ikut kelas koding gini berasa tiba di dunia baru, tanpa ngerti apapun, hahaha. pusing, tapi seru buat diikuti

    ReplyDelete
  5. baca dan praktik yang harus dibanyakin di kelas ini ya Mba, aku pun salut sama para coach yg memberi ilmu cuma-cuma tpi totalitas bgt

    ReplyDelete
  6. Ngeblog memang harus teliti nih mbak. Saya aja belum paham nih kode html blog saya pribadi. Semangat mbak Kifa ngeblognya. Bismillah bisa mendapat manfaat dari ngeblognya

    ReplyDelete
  7. Kelas yang menarik, sayang sudah lama vakum dari dunia tulis menulis, ingin mengawali kembali masih terjerat dg tugas lain a.k.a tugas akhir. Semangat kak sakii kelasnyaa! 🥰

    ReplyDelete
  8. Waah jadi kayak diberi informasi kalau ada kelas yang kece badai nih, Kak. Semangat berjuang, ya!

    ReplyDelete
  9. Mantaaapp semoga bertahan sampe akhir yaaa

    ReplyDelete
  10. Smangat kak, odop memang keren

    ReplyDelete
  11. Uhuy, keren banget nih Mbak Saki 😍 Semoga bertahan sampai akhir dan bisa mengamalkan ilmunya dengan baik serta konsisten ya, Mbak 🤗 Gpp, berpusing-pusing dahulu asal gak mabok kemudian 😂

    Sukses terus buat Mbak Saki

    ReplyDelete
  12. Yeay! Semangat, Kak Saki.. pasti bisa selesai sampe akhir nah..

    ReplyDelete
  13. Wahhh html!
    Semangat mbak sakiii!
    Semoga lancarrr

    ReplyDelete
  14. Macam best dengarnya ada kelas free,serasa nak ikut kelas Bloger🤭
    Mau tulis apa apa pasal makanan pelik ,boleka to kak sakifa😁

    ReplyDelete
  15. Keren, semangat mb saki. Pngen juga deh besok ada ksempatan buat ikut kelasnya😍

    ReplyDelete
  16. Semangat mb Kiki, terus berkarya ya...

    ReplyDelete
  17. Keren mb saki... Sebenarnya salah satu yg di pengenin buat belajar ya gmn buat nulis n bikin cantik blok sama nulis buku... Tapi rasanya keteteran.... Salut buat mb Saki dan teman" yg lain.... Semangat mb Saki,

    ReplyDelete
  18. Jadi pengen ikutan... kalo ada lagi kabarin ya 🤭

    Saya punya dasar² koding tapi ga dilanjutin, kan eman. Wkwk

    ReplyDelete
  19. Semangat kak saki, semoga makin jaya di dunia bloger

    ReplyDelete
  20. Semangat belajarnya kakak. Seo emang selalu berdarah2 klo gak kuat niat 😄

    ReplyDelete
  21. Wah, udah dapat info kelas BRT Network dari taun lalu ya mbak Saki? Mantap. Beruntung alhamdulillah tahun ini bisa ikutan ya. Banyak banget ilmu yang didapat dan bermanfaat buat optimasi Blog. Mudah-mudahan kita bisa lulus bareng ya mba. Aamiin ^_^

    ReplyDelete
  22. Emejing... Kelasx keren. Pingin ikutan tp kayaknya ndak nyampek wkwkwk. Semangat dan sukses selalu..

    ReplyDelete
  23. Nice kik ����semangat ������sukses selalu������

    ReplyDelete
  24. Seru ya kayaknya...meski sebenernya Ndak faham Ama dunia bloger

    ReplyDelete
  25. goooooood

    ReplyDelete
  26. wiih keren, semoga terjaga semangatnya

    ReplyDelete
  27. Semangat terus mbak Kik

    ReplyDelete
  28. selamat berjuang, semoga sukses sampai lulus ya

    ReplyDelete
  29. Harus sampai lulus nih belajarnya, yang semangat biar nanti bisa berbagi ilmunya lagi

    ReplyDelete
  30. Oh, ada ya kelas SEO gratis? kapan-kapan mau ikut dong

    ReplyDelete
  31. Wah, kapan-kapan kalau ada lagi mau ikut ya kak

    ReplyDelete
  32. mau juga dong kapan-kapan dikasih info kelas ini

    ReplyDelete
  33. makin rajin ya, jadi pengen juga rajin belajar sama nulisnya

    ReplyDelete
  34. kelasnya keren ini, selamat berjuang ya kak

    ReplyDelete
  35. ayo kak, kamu harus lulus dari kelas ini

    ReplyDelete
  36. oh ini kelas yang diceritain? sukses sampai lulus ya

    ReplyDelete
  37. semangat mbak, ayo pasti bisa sampai lulus

    ReplyDelete
  38. berat banget ya? masa sih? nggak dong, harus lulus pokonya

    ReplyDelete
  39. i know yu can do it, sister... semangat yaa

    ReplyDelete
  40. wah, masih semangat ya nulisnya ukh... jadi pengen juga nih

    ReplyDelete
  41. Keren nih, kapan-kapan kalau ada info lagi mau ikut dong...

    ReplyDelete
  42. nambah ilmu yang berkualitas tapi gratisan itu rasanya jarang bgt bisa didapat skrg ya, kak. Sukses ya ... Nanti ajarin aku baca kode2nya

    ReplyDelete
  43. semoga bisa bertahan sampai akhiir...semangaat...!!...:)

    ReplyDelete
  44. semangat kak sampai akhir

    ReplyDelete
  45. Semangatt mvaakk.. nanti ikutan lagi kalo ada kelasnya yaa

    ReplyDelete

Post a Comment