Bisa Memasang Google Search Console (GSC) Adalah Bentuk Kemenangan

Post a Comment
Konten [Tampil]

pasang GSC


Jika dihitung sejak pertama pemasangan domain, blog hijrah finansial sudah berumur satu tahun 6 bulan sekian hari. Artinya, sudah dua kali bayar biaya domain, dan akan segera membayar untuk yang ketiga kalinya sekitar 6 bulan kedepan. Selama itu baru sekitar satu tahun terakhir dihubungkan dengan Google Search Console (GSC).

Kenapa tidak langsung sejak awal? Maklum, pemilik blog ini newbie di dunia blog. Ini saja awalnya dibuat dengan modal nekat. Asal jadi dulu, asal nulis dulu, perbaikannya sambil jalan, sambil belajar, sambil terus berusaha mengikis rasa malas. Sambil pasang juga di blog dunia kifa.

Ya, karena alasan apapun yang dibuat, sepertinya harus bermuara pada satu penyebab utama: malas. Astaghfirullah, aib ini ya. Jujur, faktanya begitu sih. Mau sesibuk apapun, kalau nggak malas, prioritas bisa selesai. Tapi kalau sudah timbul rasa malas, ada kesempatan pun maunya nanti-nanti. Apalagi sekadar pasang GSC yang kelihatannya mudah.

Apa Itu Google Search Console (GSC) dan Fungsinya?


Sebelum menghubungkan GSC dengan blog, penting untuk mengetahui apa itu Google Search Console dan bagaimana memaksimalkan fungsinya. GSC merupakan salah satu tools gratis yang disediakan oleh Google untuk para bloger.

Alat bernama GSC ini berfungsi untuk melacak dan menganalisa performa blog berdasarkan hasil pencarian dan kunjungan yang berhasil direalisasikan. GSC membantu mesin pencari Google untuk memasukkan blog kita ke algoritma mesin pencari. Sehingga ketika pengunjung membutuhkan informasi yang berhubungan dengan tema yang pernah kita tulis, dapat diarahkan oleh Google ke blog kita.

Semakin baik performa blog kita, semakin mudah ditemukan oleh pengunjung. Dengan kata lain, GSC merupakan salah satu cara optimasi agar pengunjung dapat menemukan artikel dalam blog kita sesegera mungkin. Akan semakin baik jika tulisan kita bisa masuk ke halaman pertama mesin pencarian Google.

Ada banyak kesempatan mendatangkan pendapatan melalui cara ini. Tidak heran jika ada orang yang memilih profesi sebagai pemain blog, karena potensi penghasilannya jauh lebih besar dari kerja kantoran jika sudah mahir. Salah satunya ya dampak dipasangnya GSC pada blog. Dengannya, blog lebih mudah dikenali dan masuk ke lingkungan yang membutuhkan informasi.

Pengalaman hijrahfinansial.com Setelah Dihubungkan ke GSC

Menghubungkan pengaturan blog dengan GSC pada hijrahfinansial.com dilakukan setelah pemasangan GA-UA selesai. Pemasangan ini dilakukan setelah gabung kelas OBS atau ODOP Blogger Squad. Mungkin kalau nggak gabung kelas ini, blog hijrahfinansial.com belum sekeren sekarang. Masih penuh sarang laba-laba dan mungkin sudah berhantu.

Eh, hijrahfinansial.com belum bisa dibilang keren, sih. Pengunjung tetapnya belum mencapai 10K per bulan. Template meskipun sudah SEO-friendly tapi polos banget. Kapan-kapan kalau ada waktu dan mood bagus pengen ganti, lah ya. Gapapa ribet, asal hasilnya bagus. Atau nanti kalau ada kelas edit template dan sempat ikut, semoga bisa gabung.

Meskipun masih cupu dan belum memenuhi standar “bagus” bagi blogger profesional, Alhamdulillah blog ini sudah bisa memberi penghasilan bagi penulisnya. Asal jangan dibandingkan dengan para bloger profesional, ya. Rasanya, job yang datang adalah salah satu dampak dari pemasangan GSC.

Sebenarnya ini adalah masalah teknis blogging. Sementara sejujurnya selama ini urusan teknis begini seringkali kelabakan. Bukan hanya soal urus caranya, tapi juga mengatur waktu untuk fokus mengerjakan blog itu bukan sesuatu yang mudah. Ah, lagi-lagi alasan, kan?

Padahal pasang GSC id blog itu tidak lama, dan bisa befungsi selamanya. Beberapa pekerjaan biasanya menuntut bloger untuk menunjukkan performa blog yang tersedia di GSC dan GA. Oleh karena itu, setiap bloger perlu mempelajari alat ini supaya lebih kenal dengan blognya sendiri. Kalau bisa dikerjakan sendiri, kan nggak perlu mengandalkan jasa optimasi blog yang terkenal mahal. Anggaplah memasang GSC sebagai wujud kemenangan atas rasa malas dan usaha untuk menuntaskan penasaran.


performa-blog

Related Posts

Post a Comment