Keuntungan Investasi Emas Dari Sudut Pandang Investor

Post a Comment
Konten [Tampil]
investasi-emas
Investasi emas akhir-akhir ini diklaim menjadi salah satu instrumen yang menjanjikan. Dampaknya adalah semakin banyak perusahaan produsen emas batangan yang mencetak minigold atau emas dengan gramasi kecil, mulai dari 0.01 gram. Penawaran menarik dari mereka adalah dengan mengumpulkan sedikit demi sedikit kepingan emas kecil, nanti bisa ditukar dengan kepingan dengan berat setara setelah terkumpul.
Untuk membeli minigold tentu uang yang dibutuhkan tidak sebesar ketika Anda ingin membeli emas batangan yang memiliki berat 1 gram atau lebih. Hanya dengan uang puluhan ribu saja, Anda dapat mengumpulkan kepingan kecil emas yang jika terus dikumpulkan dapat menjadi gunung emas suatu saat nanti. Menarik, bukan?

Menarik, tapi Anda sebagai investor tidak hanya perlu mempertimbangkan keuntungan emas jika memilihnya sebagai instrumen investasi. Karena di sisi lain, kerugian investasi emas juga pasti membayangi.

Keuntungan Investasi Emas


Dari sisi keuntungan, ada beberapa poin yang harus dipahami oleh investor emas. Secara garis besar emas cenderung memberi keuntungan setelah disimpan dalam waktu lama, namun lebih sering merugikan jika hanya disimpan sebentar saja. Berikut daftar keuntungan investasi emas yang bisa diperoleh investor:

1. Tersedia Kepingan Kecil dengan Harga Relatif Murah


Benar menurut pepatah, bahwa menabung sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Saat ini emas dengan gramasi kecil dan harga terjangkau dapat dengan mudah dijumpai di pasaran, agen penjual emas, toko emas bahkan dijual secara daring. Anda bisa menyisihkan uang jajan, sisa belanja bulanan, atau pendapatan tidak terduga yang tidak seberapa untuk membeli emas.

Emas dengan gramasi kecil dapat dibeli dengan harga puluhan hingga ratusan ribu rupiah saja. Emas mini tersebut dapat digunakan sebagai kado, suvenir, pengganti kartu ucapan, dan sebagainya. Bisa juga khusus dibeli sebagai tabungan yang diharap tidak akan menurun nilainya setelah jangka panjang.

2. Praktis Disimpan Atau Untuk Hadiah


Karena bentuknya kecil, minigold tidak memakan banyak tempat penyimpanan sekaligus ringan dibawa. Nilainya sebagai logam mulia menjadikan minigold tampak berharga sebagai kado atau hadiah meskipun bentuknya kecil.

Harga logam emas baik dalam bentuk kepingan atau perhiasan memiliki nilai tinggi dan beragam beratnya, sehingga jika ingin menjadikannya hadiah bisa menyesuaikan dengan budget. Kepingan emas sebagai hadiah membuat penerima merasa lebih berkesan karena bisa disimpan dan lebih berharga dari uang.

Sebagai penerima, kepingan emas bisa disimpan sebagai tabungan jangka panjang. Misalnya emas dari kado pernikahan, kelahiran bayi, atau pindah rumah bisa disimpan dan suatu saat dijual jika membutuhkannya. Saat ini setiap toko emas bisa menerima penjualan emas dalam bentuk apapun, termasuk minigold selama harga yang mereka tawarkan sesuai dan disetujui oleh pemilik.

investasi-emas


3. Harga Cenderung Naik Dalam Jangka Panjang


Keuntungan investasi emas yang ketiga adalah adanya kecenderungan kenaikan harga emas dari tahun ke tahun jika dibandingkan dengan rupiah. Dua puluh tahun lalu, harga emas kurang dari lima ratus ribu per gram. Saat ini harga emas 24K sudah berkisar di harga satu jutaan.

Jika dua puluh tahun lalu Anda sanggup membeli emas sebanyak 20 gram dan menyimpannya dengan baik, bayangkan berapa keuntungan dari penjualan emas tersebut saat ini. Lumayan, kan? Semakin banyak dan lama waktu menyimpan emas yang dimiliki, semakin besar pula potensi keuntungannya bagi investor.

Apakah ada kemungkinan harga emas turun? Ada.


Jika kita perhatikan grafik harga emas dari waktu ke waktu, terdapat garis menurun di beberapa titik tertentu. Artinya, harga emas kadang juga mengalami penurunan dan berpotensi merugikan investor, namun biasanya itu terjadi dalam jangka pendek. Pergerakan grafik harga emas dalam jangka waktu panjang biasanya menunjukkan tren naik meskipun tidak selalu signifikan.

4. Tersedia Kemudahan Membeli


Saat ini sangat mudah bagi kita membeli emas untuk investasi. Ada banyak agen emas yang melakukan penjualan tanpa membuka toko emas. Sangat mudah bagi calon investor emas mendapat instrumen investasinya. Bahkan banyak platform penjualan yang melayani pembelian daring dan ada juga yang menjualnya dalam bentuk elektronik.

Ya. E-emas telah menjadi salah satu produk pilihan investasi yang tidak membutuhkan ruang penyimpanan, dikenal lebih liquid dan hanya perlu menjaga keamanan akun agar bisa mengaksesnya di manapun. Investasi emas memberi keuntungan kepada investor saat ini karena bisa lebih praktis disimpan dalam jangka panjang. Lembaga keuangan syariah pun banyak yang menawarkan e-emas sebagai salah satu produk unggulan.

5. Dapat Dipamerkan


Keuntungan investasi emas yang berbentuk perhiasan dapat sekaligus dipakai setiap hari, terutama bagi wanita. Selama pemakaian perhiasan masih dalam batas wajar, tentu relatif aman dipakai di tempat umum. Suatu saat jika sudah bosan dengan model lama, bisa dijual dan ganti model terbaru setelah memperhitungkan kenaikan harganya. memperhitungkan kenaikan harganya.

Jadi, keuntungan investasi emas nomor berapa yang mendorong Anda menjadi investor logam mulia?

Related Posts

Post a Comment