Kuliah Perbankan Syariah di Masoem University Bisa Sambil Kerja

Post a Comment
Konten [Tampil]

 

masoem-university-bandung

Halo, ada yang mau kuliah tapi masih bingung harus ambil kampus mana? Atau ingin bekerja di bank syariah tapi belum tahu di mana tempat yang tepat untuk belajar sebagai persiapan mengisi lowongan pekerjaan mereka? Pilihlah program studi perbankan syariah, sebagai langkah persiapan menjadi praktisi lembaga keuangan syariah yang sedang hits saat ini.

Angka statistik menunjukkan bahwa penduduk Indonesia didominasi oleh umat Islam. Sampaiawal tahun 2023, jumlah bank umum syariah yang ada di Indonesia terbanyak di dunia, meskipun market share-nya masih jauh di bawah bank konvensional. Besarnya jumlah penduduk muslim menunjukkan bahwa prospek industri perbankan syariah cukup menjanjikan di Indonesia.

Untuk memperbesar market share  dan capital market industri perbankan dan keuangan syariah, tentu dibutuhkan SDM yang mampu menjadi penggerak utama. Selain itu, tingkat literasi keuangan syariah juga harus ditingkatkan, agar pemahaman akan pentingnya penerapan sistem keuangan Islam tersebar luas di masyarakat.

Salah satu unsur utama dalam membangun SDM yang cakap dan paham konsep keuangan syariah, adalah melalui pendidikan. Idealnya, materi tentang sistem ekonomi Islam perlu dikenalkan kepada para siswa sejak bangku SMA, dan diperdalam pembahasannya di jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Masoem Bandung

Masoem University, merupakan salah satu perguruan tinggi dengan konsep integrasi asrama-kampus yang ada di Sumedang, Jawa Barat. Universitas ini memiliki 4 fakultas, yaitu: Fakultas Pertanian, Fakultas Komputer, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, serta FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan).

Salah satu daya tarik dari Masoem University ini adalah adanya program studi Perbankan Syariah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Sampai saat ini, belum banyak perguruan tinggi yang menawarkan pendidikan khusus perbankan syariah, sehingga mungkin inilah penyebab masih rendahnya jumlah penduduk yang kompeten atau minimal paham keuangan syariah di Indonesia.

1.       Prodi Perbankan Syariah

Prodi Perbankan Syariah di Masoem University adalah jenjang sarjana (S1) dengan proses belajar sebanyak 8 semester. Ada 66 mata kuliah dengan beban 145 SKS yang harus diselesaikan oleh mahasiswa hingga lulus. Setiap mata kuliah diberikan dengan tujuan mencapai visi misi program studi 

Sasaran jangka panjang program studi Perbankan Syariah di Masoem University adalah untuk menghasilkan SDM berkualitas yang akan mengisi industri lembaga keuangan syariah Indonesia. Besarnya potensi pasar lembaga keuangan syariah tentu membutuhkan SDM dalam jumlah besar pula. Oleh karena itu, program studi ini masih memiliki prospek menjanjikan untuk masa depan.

masoem-university

2.       Manajemen Bisnis Syariah

Selain lembaga keuangan syariah yang kebutuhan SDM-nya dipenuhi dari program studi Perbankan Syariah, banyak generasi muda yang bercita-cita menjadi pengusaha. Sebagai muslim, tentu wajib untuk memahami hukum syariat sebelum terjun ke dunia bisnis. Untuk itu, Masoem University menyelenggarakan program studi manajemen bisnis syariah khusus bagi calon pengusaha muslim.

masoem-university


Pilihan Kelas Karyawan

Salah satu keunggulan kuliah di Masoem University khususnya program studi Perbankan Syariah dan Manajemen Bisnis Syariah adalah tersedianya kelas karyawan. Sehingga mahasiswa yang ingin kuliah sambil bekerja dapat menjalani kuliah di akhir pekan dapat mengambil kelas karyawan, alih-alih kelas reguler.

Kelas karyawan di Bandung ini juga memudahkan para pengusaha muda untuk menjalankan bisnis sekaligus meningkatkan kapasitas diri melalui pendidikan. Bisnis atau pekerjaan tetap jalan, pendidikan bisa lanjut. Asyik, bukan? Tentu konsekuensinya adalah mahasiswa harus lebih pandai mengatur waktu dan tenaga. Karena menjalankan bisnis atau bekerja dapat menyita waktu dan tenaga cukup besar, apalagi ditambah dengan kuliah.

Biaya Kuliah dan Beasiswa

Biaya kuliah tentu menjadi salah satu pertimbangan utama dalam memilih kampus dan program studi. Karena besaran biaya pendidikan yang harus dibayar harus disesuaikan dengan kemampuan finansial pribadi atau mungkin keluarga. Bagi sebagian orang, pendidikan tinggi seharusnya bisa dijangkau dengan biaya rendah, agar semakin banyak generasi muda yang memiliki gelar akademik.

Kabar baiknya adalah, biaya kuliah di Masoem University terjangkau bagi semua kalangan. Di website utama dan pendaftaran mungkin tidak disebutkan rinci nominal biaya pendidikan per semester, akan tetapi informasi mengenai cara daftar dan biaya bisa diakses melalui kontak yang tersedia. Selain itu, ada beberapa jenis beasiswa yang bisa diterima oleh mahasiswa melalui proses seleksi.

Jadi, sudah siap bergabung dengan jurusan Perbankan Syariah di Masoem University? Atau ingin mengambil jurusan lain yang lebih menarik? Segera daftarkan diri melalui tautan ini. Kalau ada pendaftaran jadi dosen di sini, saya juga pengen ikutan daftar. 

Related Posts

Post a Comment